Wisdom of Maiyah (206)

Bermanfaat dalam Ketidakjelasannya

Saya merasakan sesuatu tapi tidak bisa saya jelaskan. Saya melihat sesuatu tapi tidak bisa saya gambarkan. Dia ada tapi tidak bisa saya utarakan. Mungkin itulah Maiyah. Bagi saya Maiyah bisa menjadi apa saja. Dia adalah subjek, predikat, ataupun objek, atau mungkin saja di luar itu semua. Dia bukan aliran, bukan partai, bukan institusi, dan seterusnya tapi sebaliknya bisa jadi semua yang disebutkan itu adalah maiyah.

Saya tidak mengunggulkan Maiyah lebih hebat dari yang lain, karena Maiyah bukan dalam ranah kompetisi. Kalau terpaksa dimasukkan ke ranah perlombaan mungkin Maiyah bagi saya adalah “harapan” untuk perubahan positif bagi peradaban di masa mendatang.

Satu-satunya yang membuat saya jatuh cinta dengan Maiyah adalah “ketidakjelasannya” sebagai apa, dan saya berharap mudah-mudahan selamanya tidak menjadi apa-apa kalau memang itu yang terbaik menurut Tuhan. Melalui ketidakjelasan itu Maiyah bisa diterima di semua kalangan, tapi melalui Maiyah Tuhan memberi banyak sekali orang di dalam maupun di luar sana bisa merasakan manfaat positif, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam segala hal.