Wisdom of Maiyah (235)

Baru Bersila, Sudah Disuguhi Kopi

Pertama kalinya saya mengikuti majelis maiyah adalah ketika di Kenduri Cinta, tahun 2020, tepat sebelum wabah Corona datang. Hal yang pertama kali saya rasakan ketika itu adalah rasa persaudaraan yang sangat kuat, bahkan dengan orang baru seperti saya.

Ketika baru bersila untuk menikmati acara, saya langsung disuguhi kopi dan rokok oleh seseorang yang bahkan sebelumnya tak pernah saya kenal. Bisa jadi ini perasaan subjektif saya saja, tapi di situlah pertama kalinya saya merasakan kedamaian luar biasa yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Dan hal lain yang luar biasa adalah bahwa ketika itu saya berkunjung dalam keadaan sehabis pulang bekerja. Namun yang terjadi adalah saya tidak merasakan rasa capek, letih, atau apapun, yang terjadi adalah sebaliknya, saya merasa energi saya justru bertambah, seperti selayaknya HP yang sedang di-charge.

Saya merasakan perbedaan mendasar. Hanya di forum Maiyah, seseorang akan didorong untuk lebih mengenali dirinya sendiri, alih-alih memberikan dogma untuk menentukan tolok ukur atau standarisasi ideologinya.

Bagi saya, Maiyah adalah merdeka di dalam ketidakmerdekaan.