Wisdom of Maiyah (133)

Ilmu Sejati dan Sejatinya Sinau

Apakah ilmu sejati itu? Ilmu sejati iku dudu disantet ora mempan, ditusuk ngge pedang ora mempan, atau dipukul tidak mempan alias kebal. Menguasai ilmu kanuragan juga bukan.

Ilmu sejati adalah pengalaman kita pribadi. Kejadian masa silam yang pernah kita alami. Bahwa dalam hidup ini lebih banyak yang tidak kita ketahui daripada yang kita ketahui. Maka dari itu kita di Maiyah adalah ”sinau bareng”.

Belajar dan terus belajar dari pengalaman kita selama ini karena pengalaman adalah guru terbaik bagi kita semua, dan guru adalah kepada siapa saja dan apa saja kita belajar. Bagi saya semua orang adalah guru.

Dan semua tempat adalah sekolah. Bagaimana kita punya naluri belajar di semua tempat dan menjadi rumah pemahaman. Jika Anda mencari ilmu di sini tidak akan pernah ketemu, jika Anda mencari saudara, Anda akan menemukan banyak ilmu dalam kemesraan dan keindahan.

Belajar bersama dalam Persaudaraan mencari ilmu. Duduk melingkar bertukar pikiran. Berbagi pengetahuan membunuh kesombongan intelektual. Tak ada yang paling pintar ataupun dungu. Semua berproses mencari kebenaran sejati, bukannya saling tuding menyesatkan pandangan.

Sawang-sinawang saling mengingatkan.

Lainnya