Wisdom of Maiyah (58)

Hidup, Sebab-Akibat

Setiap kejadian akan mengakibatkan kejadian yang baru. Begitu halnya kejadian baru akan menimbulkan peristiwa yang lain. Itu kenapa kita diingatkan baik dari segi agama dan budaya, setiap kita melakukan sesuatu harus dipertimbangkan dampak positif dan negatifnya.  Kita diingatkan dan dibimbing jangan grusa-grusu dalam bertindak. Apalagi di era kemajuan teknologi dengan produknya media sosial.

Dengan hitungan detik kita bisa menanam benih kebaikan atau keburukan. Dari tempat manapun kita dapat menebar bibit pertempuran atau perdamaian.

Alhamdulillah di tengah kepungan kegelapan peradaban, Maiyah hadir mengingatkan, menawarkan, dan memberikan cahaya untuk menjadi lentera di gurun fatamorgana, untuk menjalani hidup dengan pertimbangan sebab-akibat: ”Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah pada Allah. Sunguh Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr 59: Ayat 18).

Lainnya