CakNun.com

Kebon Sejarah Kita

Pengantar Rubrik Baru “Kebon”
Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

KEBON” rubrik khusus yang kami minta agar Cak Nun secara berkala nyicil menuliskan kembali masa-masa lalu: sejak dari Menturo, Gontor, Kadipaten, Dipowinatan, Patangpuluhan hingga sekarang di Kadipiro, dari Teater Dinasti, Komunitas Pak Kanjeng, dari Karawitan Dinasti hingga KiaiKanjeng dan sebagainya.

Hal-hal yang yang penting didokumentasikan untuk pelajaran bagi anak-cucu kita. Setiap orang pasti punya sejarah maka tidak harus menunggu ahli sejarah menuliskan sejarah kita—kita sendiri yang berkewajiban harus memahami sejarahnya sendiri.

Sejarah (bahasa Yunani: ἱστορία, historia (artinya “mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian”); bahasa Arab: تاريخ, tārīkh; bahasa Jerman: geschichte) adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lalu.

Selamat menikmati, selamat mencerna hingga “Kebon” yang kini telah banyak tanaman, tetumbuhan bahkan sudah banyak berbuah dapat dipahami asal-usulnya hingga menjadi hikmah dalam hidup kita.

Salam,
Toto Rahardjo

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Kegiatan Rumah Maiyah Al-Manhal Malang

Kegiatan Rumah Maiyah Al-Manhal Malang

Rumah Belajar Al-Qur’an dan Bahasa Arab. Begitu tagline, yang disematkan untuk Rumah Maiyah Al-Manhal yang beralamat di Perumahan Landungsari Asri Blok D Nomor 77 Kota Malang ini.

Hilwin Nisa
Hilwin Nisa
ORANG KASAR Pentas Teater 3 kota JOGLOSEMAR

ORANG KASAR Pentas Teater 3 kota JOGLOSEMAR

Sanggar kemanusiaan (SARKEM) Yogyakarta, sebagai salah satu sanggar teater di Yogyakarta, akan kembali mengadakan pementasan teater 3 kota dengan tajuk “Pentas JOGLOSEMAR (Jogjakarta – Solo – Semarang)”.

Redaksi
Redaksi

Topik