Kebon Sejarah Kita

Pengantar Rubrik Baru “Kebon”

KEBON” rubrik khusus yang kami minta agar Cak Nun secara berkala nyicil menuliskan kembali masa-masa lalu: sejak dari Menturo, Gontor, Kadipaten, Dipowinatan, Patangpuluhan hingga sekarang di Kadipiro, dari Teater Dinasti, Komunitas Pak Kanjeng, dari Karawitan Dinasti hingga KiaiKanjeng dan sebagainya.

Hal-hal yang yang penting didokumentasikan untuk pelajaran bagi anak-cucu kita. Setiap orang pasti punya sejarah maka tidak harus menunggu ahli sejarah menuliskan sejarah kita—kita sendiri yang berkewajiban harus memahami sejarahnya sendiri.

Sejarah (bahasa Yunani: ἱστορία, historia (artinya “mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian”); bahasa Arab: تاريخ, tārīkh; bahasa Jerman: geschichte) adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lalu.

Selamat menikmati, selamat mencerna hingga “Kebon” yang kini telah banyak tanaman, tetumbuhan bahkan sudah banyak berbuah dapat dipahami asal-usulnya hingga menjadi hikmah dalam hidup kita.

Salam,
Toto Rahardjo

Lainnya

Buku dan Merchandise