Pageblug Bisa Ubah Peradaban

Pandemi virus Corona secara dramatis mengubah cara hidup jutaan manusia di dunia. Kebanyakan orang menduga bahwa perubahan ini hanya akan terjadi sementara. Namun beberapa wabah yang tercatat oleh sejarah memiliki dampak jangka panjang, seperti jatuhnya sebuah dinasti hingga meluasnya kolonialisme, bahkan mendinginkan iklim.

Silakan buka kembali sejarah wabah yang telah melanda dunia beserta implikasinya: Wabah kematian hitam (Black Death) abad ke-14 dan kebangkitan Eropa Barat, wabah cacar di Amerika dan perubahan iklim, wabah Demam kuning dan revolusi Haiti melawan Prancis, wabah ternak dan perluasan penjajahan di Afrika, serta pagebluk dan kejatuhan Dinasti Ming di China.

Lalu perubahan peradaban yang ditimbulkan oleh pageblug Covid-19 — apa kira-kira yang kelak akan terjadi? Yang jelas pandemi ini akan meruntuhkan sistem lama dan akan melahirkan peradaban baru yang selama ini tidak mampu diubah oleh gerakan sosial manusia. Misalnya kelak tidak bisa lagi mengandalkan eksploitasi melalui cara-cara ekstraktif: gali, keruk, sedot, tebang yang jelas-jelas merusak alam. Akan runtuh sistem ekonomi dan sosial dan politik yang tidak adil.

Lainnya