Beristighfarlah

Suatu ketika Hasan Al-Bashri pernah ditanya, “Wahai Syeikh, ini sudah lama tidak turun hujan. Lalu apa yang harus kita lakukan agar Allah menurunkan hujan?” Kemudian Hasan Al-Bashri menjawab, “Beristighfatlah.”

Datang lagi seseorang yang mengeluhkan keadaannya yang terus berada dalam kemiskinan. Syeikh Hasan Al Bashri juga memberikan anjuran yang sama, “Beristighfarlah kepada Allah.” Kemudian datang lagi orang yang menyampaikan permasalahan yang berbeda-beda. Mulai dari istri yang mandul, tanaman yang tidak tumbuh, sampai tanah yang kekeringan.

Dan Syeikh Hasan Al-Bashri masih memberikan anjuran yang sama, yaitu beristighfar kepada Allah Swt. Hingga kemudian, salah seorang dari mereka ada yang protes, mengapa pertanyaan mereka yang berbeda-beda semua dijawab dengan jawaban yang sama.

Syeikh Hasan Al Bashri pun menjawab bahwa beliau memberikan jawaban tersebut juga tidak asal. Beliau menjawab berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur`an. Di antaranya ada QS Hud ayat 3, QS Al-Anfal ayat 33, dan QS Al-Baqarah ayat 58.

Buku dan Merchandise