CakNun.com

Klinik Tauhid

Mukadimah Juguran Syafaat Agustus 2019

Masjid megah mudah dijumpai di mana-mana hari ini. Di banyak acara, ceramah pengajian lumrah menjadi sisipan. Pun demikian dengan fenomena hijrah, kini menjadi tren yang begitu menyorot perhatian. Tugas selanjutnya adalah bagaimana menelisik kemajuan-kemajuan tersebut, agar jangan sampai menjadi sebatas peristiwa simbolik, melainkan menjadi peristiwa yang betul-betul kentara manfaatnya.

Kenapa tugas menelisik itu menjadi penting? Sebab sepertinya sebagai masyarakat kita tidak bergerak dari problematika yang begitu-begitu saja dari belasan tahun yang lalu. Duel identitas, tawuran narasi dan lain-lain sehingga meskipun Pancasila kita gembor-gemborkan setiap hari, tetapi Keadilan Sosial nampak masih jauh panggang dari api.

Menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut nampak tidak sesederhana menemukan rumusan metode sosial baru. Sebagai bangsa berketuhanan, masing-masing atau secara bersama-sama perlu menelisik sampai ke akar masalah, yakni bagaimana bentuk dialog batin dengan Tuhan yang menjadi motivasi dari seluruh tindakan dan keputusan kita.

Lainnya

Radikal Ra nakal

Radikal Ra nakal

Seorang komedian dalam lawakannya mengklaim bahwa ia sangat sering dikira teroris, dicurigai kaum radikal hanya karena tampangnya yang seperti Ahmad Dhani (pentolan Grup Dewa) yakni berjenggot.

Defrag Ulang

Defrag Ulang

Dunia dijejali berbagai macam informasi dan kejadian akhir-akhir ini. Okelah tidak perlu terlalu besar kita membahas Dunia, Batam yang “hanya” seluas 1595 Km2 tidak luput dari hujaman massive-nya informasi dan kejadian, baik itu informasi yang lagi trending berkisar pandemi, new normal, Protokol kesehatan Covid-19, maupun informasi tentang kapal-kapal dagang (container, red) yang mulai bersandar lagi di pelabuhan Batu Ampar, maupun informasi tentang Singapore yang belum juga membuka Negara mereka, baik itu untuk didatangi ataupun mengizinkan warganya keluar negara.