CakNun.com

Nasib Desa

Seperti apa nasib desa pada masa sekarang dan masa depan? Pembangunan yang dicanangkan sejak Orde Baru hingga sekarang ini tak selamanya berdampak baik bagi rakyatnya. Kita bisa saksikan dan rasakan proses pembangunan justru menyebabkan konflik yang tak berujung. Penyingkiran ruang hidup rakyat terjadi di banyak tempat di Indonesia. Pengambilan “paksa” terhadap ruang hidup atas dasar pembangunan, dilakukan untuk memuluskan kepentingan. Konflik agraria akhirnya menjadi efek domino yang tak berkesudahan.

Kerusakan alam tidak dapat dihindari. Perusakan lingkungan dan eksploitasi besar-besaran menjadi penyebab utama terdegradasinya nilai-nilai budaya lokal masyarakat. Padahal hakikat pelestarian lingkungan adalah amanah Tuhan kepada manusia. Namun tak bisa dipungkiri bahwa krisis ekologi yang terjadi sekarang adalah akibat manusia. Bumi terasa semakin kecil dan rapuh untuk menyediakan kebutuhan hidup yang cukup.

Lainnya

Demokrasi (1)

Demokrasi (1)

Kita diajari demokrasi oleh orang-orang yang keahliannya memperdaya masyarakat atau bangsa lain dengan bahasa dan strategi yang bungkusnya adalah demokrasi.

Nafsu Menyimpulkan

Nafsu Menyimpulkan

Pertanyaan merupakan piranti vital bagi manusia agar secara terus-menerus menapaki proses pencarian jawaban dari seluruh kecurigaan dan keraguan terhadap kebenaran.

Exit mobile version