CakNun.com

Selamat Jalan Kembali
Pelancong dari Sorga

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Ishma Al Maula Khulusul Umniya tinimbalan oleh Allah swt Sang Penciptanya pukul 11.00 WIB tadi pagi, 7 Mei 2022 di ICU RS Jombang.

Ishma, yang tatkala dirawat di Gunung Kidul Yogya bertukar nama dengan Kiai pengasuhnya menjadi Alma, diambil oleh Allah ke haribaanNya dengan proses yang tenang dan tenteram, pada usia 13 tahun.

Alma adalah putri adik saya Muhammad Mujiburrahman, yang para Jamaah Maiyah mengenalnya sebagai Lek Ham, perintis Kelompok Pahingan yang melatarbelakangi aktivitas Maiyah Padang Bulan di Menturo, Jombang.

Sejak lahir dan menjalani masa kanak-kanak, menurut saya Alma benar-benar penghuni Sorga yang entah berapa lama disuruh Allah meloncong ke Bumi. Kita yang “kadunyan” di dunia ini tidak punya bahasa untuk bersilaturahmi dengannya. Dari sorot matanya, Alma memandang, berkomunikasi, mengasyiki dan menikmati suatu keindahan hidup yang kita semua tidak mampu menyentuhnya. Bu Wiwien Hammad bersama Bu Yani Menturo mengasuhnya dengan mawaddah atau cinta khusus yang ajaib serta totalitas keikhlasan kepada Alma.

Di Padang Bulan dua bulan yang lalu Alma tiba-tiba saja berjalan ke arah saya dan langsung duduk di pangkuan saya. Selama bertahun-tahun di Kasihan Yogya kami tidak cukup dekat dan tidak pernah saya menggendong atau “srawung” dengannya. Sehingga peristiwa memangkunya menjadi sesuatu yang sangat spiritual. Saya dan kami semua di rumah Cak Anang Anshorullah tidak bisa memahami itu. Dan sekarang tatkala Allah memanggil Alma, saya semakin dirundung oleh misteri ketidakmengertian itu.

Wallaahu ya’lamu wa antum laa ta’lamun”. Ya Allah aku berlindung kepada kasih sayangMu.

Lainnya

Jin Tidak Menakutkan Sekali

Jin Tidak Menakutkan Sekali

Suatu malam di tahun 2004. Saya menemani dan menjadi bagian dari Tim Sukses pencalonan Pak Daliso Rudianto sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Exit mobile version