CakNun.com
Wisdom of Maiyah (233)

Memaknai

Ada sangat banyak alasan untuk mensyukuri Maiyah sebagai anugerah Allah. Kualitas Mbah Nun sebagai yang dimandati untuk mengantar nilai Maiyah memang sangat pantas. Saat saya kesulitan mempelajari teori pendidikan, saya cukup berkaca kepada Mbah Nun bagaimana beliau mendidik kita semua.

Jamaah Maiyah adalah subjek pendidikan atas dirinya sendiri, Mbah Nun memantik terkadang dengan pertanyaan, terkadang dengan contoh sejarah dan sesekali menceritakan apa yang beliau alami dan perjuangkan. Yang paling utama dari subjek pendidikan adalah kemampuan memaknai. Dan yang saya alami, di Maiyah kita berlatih untuk memaknai atas dasar cinta. Maka apapun dan siapapun bisa berposisi menjadi pemantik turunnya ilmu.

Latar belakang pendidikan menjadi tidak terlalu penting (Merdeka Belajar) sehingga proses pendidikan menjadi bersifat egaliter dan ini bekal yang sangat baik untuk kehidupan sosial yang juga egaliter. Tentu egaliter tidak melunturkan hormat kita kepada orang lain karena landasannya adalah kasih sayang. Terimakasih Mbah Nun yang istiqomah menemani dan mengantarkan nilai-nilai Maiyah kepada anak-cucumu.

Lainnya

Jawaban yang Tersirat

Jawaban yang Tersirat

Menurut pengalaman saya pembeda Maiyahan dengan majelis lainnya adalah di Maiyah selalu dibuka kesempatan ...

Exit mobile version