Komentar Habib Anis Sholeh Ba’asyin

Datang dari Pati, ditemani anak-anaknya, Habib Anis menonton Sengkuni2019 pada malam pertama, dan berikut komentarnya seusai menyaksikan Sengkuni2019:

“Saya melihat gambar besar. Sengkuni2019 adalah alat untuk menyampaikan ide yang Cak Nun ingin sampaikan. Gambaran besarnya adalah bahwa kejahatan apapun selalu memiliki alasan sehingga kejahatan itu dilakukan. Bahwa orang yang berbuat jahat itu selalu memiliki alasan dalam perbuatan jahatnya.

Sekarang, problemnya adalah bahwa orang berbuat jahat itu tidak memiliki alasan seperti yang dimiliki Sengkuni. Tidak ada alasan dia berbuat jahat karena dia tertindas, karena dia menderita dan lain sebagainya seperti yang dialami oleh Sengkuni. Itu yang menarik, bahwa di zaman ini kita tidak menemukan alasan yang kuat dari sebuah perbuatan jahat yang dilakukan oleh seseorang, seperti halnya dimiliki Sengkuni.

Segmen akhir sangat berkesan bagi saya, yakni bagaimana Sengkuni mengungkap jati dirinya. Selain Joko Kamto, si Katib itu (Eko Winardi) mencuri perhatian di Sengkuni2019 ini, karena perannya sangat menarik.”