CakNun.com

Penyembuhan Bangsa

Live Streaming Tafsir Nadjibiyah Edisi 4

Sore nanti kembali acara Tafsir Nadjibiyah menjumpai teman-teman pemirsa YouTube caknun.com. Tema dan video narasi hikmah Mbah Nun untuk kali ini belum ditayangkan di episode sebelumnya. Maksudnya agar ada surprise. Tapi bolehlah kita bocorkan terlebih dahulu. Temanya adalah: Penyembuhan Bangsa.

Ini adalah narasi Mbah Nun yang kita ambil dari Album Menyorong Rembulan yang release pada 1997. Masa-masa menjelang Reformasi 1998. Masa-masa puncak kekuasaan Orde Baru. Konteks sosial-politik yang melatari album ini adalah keadaan puncak kekuasaan Orde Baru yang telah bertahta 32 tahun.

Situasi masa itu tak hanya diwarnai oleh desakan kuat agar kekuasaan otoritarian segera diakhiri. Reformasi politik harus segera dilakukan. Tapi tak sesederhana itu. Ada variabel yang luput dari perhatian. Ibarat komplikasi penyakit. Ada bagian dari bangsa ini yang cukup kronis. Khususnya lewat wedar Penyembuhan Bangsa ini Mbah Nun mendeteksi satu masalah krusial yang menghinggapi bangsa Indonesia saat itu.

Mungkin saat ini pun juga sama apa yang terjadi. Cita-cita untuk Indonesia yang loh jinawi toto tentrem kerto raharjo serta cita-cita untuk menggapai sila-sila Pancasila akan masih terkendala jika penyakit yang digambarkan Mbah Nun masih bertengger di dalam tubuh bangsa Indonesia terutama para elit penguasanya.

Bersama Tafsir Nadjibiyah sore nanti kita ngobrolin hal ini. Sakit apa bangsa kita ini? Kita urai bersama jenis-jenis sakitnya. Supaya kita semua tepat dalam melakukan upaya penyembuhan.

Lainnya

Doa Jemek Supardi

Doa Jemek Supardi

Mendengar Cak Nun, yang notabene adalah sahabatnya, “sakit”, pantomimer Jemek Supardi main ke Rumah Maiyah.