CakNun.com

24 Tahun Kenduri Cinta, Dan Masih Akan Terus Berjalan

Dok. Kenduri Cinta

Selama lebih dari tujuh tahun, saya telah terlibat aktif dalam sebuah komunitas yang penuh dengan inspirasi dan kebersamaan ini. Awalnya, saya hanyalah seorang jamaah biasa yang datang untuk mendengarkan sepatah dua patah kata indah yang terasa relevan dengan kehidupan saya. Petuah dan nasihat dari Cak Nun bagi saya adalah sebuah value yang saya Yakini baik. Pada tahun 2017, saya pertama kali mengambil peran sebagai penggiat, bertanggung jawab untuk mempersiapkan konsumsi dari awal hingga akhir acara. Senang rasanya memiliki banyak teman di sini. Bahkan, hubungan kami sudah seperti keluarga. Kami saling mendukung dan menguatkan, menciptakan ikatan yang lebih dari sekadar rekan sekomunitas.

Kenduri Cinta adalah tentang kebersamaan, tentang nilai-nilai luhur yang kita pegang teguh, dan tentang perjuangan tanpa henti. Meskipun jalan kami terkadang berliku dan penuh tantangan, saya percaya bahwa kami harus terus melangkah maju.

Di Perusahaan tempat saya bekerja, saya bisa membawahi lebih dari 50 kepala, mengarahkan mereka sesuai dengan apa yang saya mau. Sering kali saat di luar komunitas, saya merasa sombong. Mungkin hal itu karena saat berinteraksi di komunitas Kenduri Cinta, saya belajar tentang disiplin, pencatatan, dan berargumentasi. Ketika saya aplikasikan dalam perusahaan, saya sering merasa lebih unggul dari semua yang saya hadapi. Dari situ saya merasa sombong dan terkesan merendahkan orang lain, menantang semua orang untuk bisa lebih unggul dari saya. Sesuatu hal yang buruk sebenarnya, dan saya menyadari itu.

Tetapi saat berada di komunitas Kenduri Cinta, seringkali saya merasa tidak layak berada di lingkungan seperti ini, bergaul dengan orang-orang yang memiliki keterampilan khusus pada bidangnya masing-masing, lingkungan dengan orang yang memiliki kapabilitas dan integritas. Namun, justru di saat-saat seperti inilah saya belajar untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, menemukan kekuatan dalam kebersamaan. Saya belajar bahwa setiap orang, termasuk saya, memiliki peran penting dalam menciptakan harmoni dan memperkuat nilai-nilai yang kita junjung tinggi. Saya percaya bahwa dengan terus berusaha dan berdoa, saya akan menemukan makna dan kontribusi yang lebih besar dalam perjalanan ini.

Namun, akhir-akhir ini, ada kebingungan yang menghantui pikiran saya. Seolah-olah Tuhan tidak terlalu peduli dengan aktivitas rutin forum Kenduri Cinta setiap bulannya, tidak bermaksud bersikap transaksional dengan Tuhan, tetapi bukankah ada janji bahwa jika kita berjuang di jalan Tuhan, Ia berjanji akan memberikan jalan dan memberi fasilitas? Perasaan ini membuat saya bertanya-tanya tentang apa yang harus saya persembahkan.

Dibalik semua keraguan dan kebingungan itu, ada keyakinan bahwa setiap langkah yang kami ambil adalah bagian dari rencana besar Tuhan. Dan meskipun saya merasa kecil dan tak berarti, saya percaya bahwa setiap usaha kecil yang saya lakukan memiliki arti dalam perjuangan ini. Kita semua memiliki peran masing-masing, dan bersama-sama, kita akan terus membawa semangat Kenduri Cinta ke depan.

Kebingungan yang saya rasakan bukanlah sesuatu yang mudah diatasi, ini adalah proses panjang yang melibatkan banyak refleksi dan pencarian makna yang lebih dalam, ketika saya pertama kali bergabung dengan komunitas Kenduri Cinta, saya merasa begitu kecil dan tak berarti dibandingkan dengan teman-teman yang lain yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas. Namun, saya menyadari bahwa setiap orang memiliki peran dan kontribusinya sendiri, tidak ada kontribusi yang kecil dalam perjuangan ini.

Terkadang, muncul perasaan bahwa diri saya ini tidak layak untuk berada di komunitas ini. Perasaan ini muncul ketika saya melihat teman-teman saya yang begitu cakap dalam bidangnya masing-masing, ada yang ahli, mahir dalam seni dan berbicara, dan ada pula yang memiliki pengalaman luas dalam manajemen. Sementara saya, dengan kemampuan administrasi yang sederhana, sering kali merasa tertinggal. Namun, dari sini saya belajar bahwa kekuatan tidak hanya terletak pada keahlian khusus, tetapi juga pada ketulusan hati dan kesediaan untuk berkontribusi, sekecil apapun itu.

Ada saat-saat di mana saya merasa ragu dan bertanya-tanya apakah saya benar-benar memberikan dampak. Namun, setiap kali saya melihat antusiasme dan semangat teman-teman dalam gelaran forum Kenduri Cinta bulanan, saya merasa bahwa keberadaan saya di sini memiliki arti. Kebersamaan dan solidaritas yang kami bangun adalah bukti bahwa setiap individu, tanpa memandang keterampilan atau latar belakang, memiliki tempat dan peran penting dalam perjuangan ini.

Kebingungan ini juga membawa saya pada pencarian spiritual yang lebih dalam. Saya mulai menyadari bahwa perjuangan di jalan Tuhan bukanlah tentang memperoleh kemudahan atau fasilitas, tetapi tentang bagaimana kita dapat bertahan dan terus berjuang meski dalam kondisi sulit. Tuhan tidak selalu memberikan apa yang kita minta, tetapi Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan untuk tumbuh dan belajar. Dari sinilah saya mendapatkan kekuatan dan kepercayaan diri untuk terus melangkah.

Saya belajar bahwa dalam setiap kebingungan, selalu ada pelajaran yang bisa diambil. Kebingungan adalah tanda bahwa kita sedang berkembang dan mencari jalan yang lebih baik. Ini adalah bagian dari proses menjadi lebih bijaksana dan lebih kuat. Dan meskipun jalan yang dilalui terkadang tidak jelas, dengan keyakinan dan usaha, saya yakin akan menemukan arah yang benar.

Saya menyadari bahwa komunitas Kenduri Cinta bukan hanya tentang acara atau forum rutin bulanan saja, tetapi tentang perjalanan spiritual dan moral yang kami jalani bersama. Ini adalah tentang bagaimana kami saling mendukung, bagaimana kami belajar dari satu sama lain, dan bagaimana kami terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Kebingungan ini mungkin adalah bagian dari rencana besar Tuhan untuk mengajarkan kami tentang arti sebenarnya dari kebersamaan, ketulusan, dan perjuangan.

Dengan keyakinan ini, saya akan terus berkontribusi dalam Kenduri Cinta, seberapa kecil pun kontribusi itu. Karena saya percaya, setiap langkah kecil yang saya ambil, setiap usaha yang saya lakukan, semuanya memiliki arti dalam perjuangan besar ini. Bersama-sama, kita akan terus membawa semangat Kenduri Cinta ke depan, menuju masa depan yang lebih terang dan penuh harapan. Selamat ulang Tahun Kenduri Cinta yang ke-24. Terima kasih telah memberi warna dalam hidup yang begitu semrawut ini.

Lainnya