CakNun.com

Jagat Pasinaon dan Sarjana Kehidupan

Sinau Bareng Cak Nun dan KiaiKanjeng dalam rangka Dies Natalis ke-65 Universitas Diponegoro Semarang, Stadion Undip Tembalang, Kamis 22 Desember 2022

Foto: Adin (Dok Progress).

ISLAMI
Yut, kok dalam Pemerintahan suatu Negara itu ada yang Namanya Departemen atau Kementerian Agama itu bagaimana memahaminya?

DONI
Apakah itu berarti Agama adalah bagian dari Pemerintah atau Negara?

IMAM
Ya Yut saya juga bingung. Setiap Kementerian memiliki otoritas, wilayah tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Apakah yang bekerja di Kementerian lain, misalnya Perdagangan, Sosial, Hankam dll itu tidak terikat oeh Agama?

BUYUT IRODAT
Tuhan berfirman bahwa kebanyakan manusia itu tidak mampu optimal menggunakan fungsi akal pikirannya. Paling pol 5%.

ISLAMI
Aktsaruhum la ya’qilun, Yut. Aktsaruhum la yatafakkarun.

BUYUT
Sampai abad 21 sekarang ini manusia belum mampu mempetakan nilai-nilai hidupnya secara tepat dan utuh, dan masih gagal mengindentifikasi di mana letak Agama yang merupakan rahmat Tuhan itu.

JIJIT
Don, nek kowe paling ora nganti 1%

DONI
Iyo pikiranku efektif 1% nanging efektif untuk Swargo. Nek kowe 99% ning kompatibele karo Neroko

BUYUT IRODAT
Fakta pertama yang terpenting adalah kalau Teknologi, Perekonomian, Perdagangan, Pertanian dll itu bikinan manusia. Tapi kalau Agama itu ciptaan Tuhan.

JIJIT
Kowe kudu negeske kowe iki termasuk sing endi? Kowe ki gawenane sopo

DONI
Ha ya ciptaan Tuhan

JIJIT
Dudu gawenane Bapak lan Ibumu

DONI
Bapak Ibu ming mlumah karo mengkurep, nanging sing ndadekke Tuhan. Koyo wit jagung sing gejig lan nandur menungso nanging sing nyukulke lan nguwohke Allah

BUYUT IRODAT
Fakta kedua, kalian silakan memilih studi di Fakultas apapun, tetapi yang penting berpikirnya harus Universitas. Jadi kalian nanti akan menjadi Sarjana universitas. Selama ini di seluruh dunia hanya ada Sarjana Fakultas.

DONI
O ya ya. Kang Jijit ini Sarjana Jurusan Tari, tapi pekerjaannya malah bidang Musik.

JIJIT
Karena manajemen hidup saya universitas. Tari itu hanya pintu yang saya lewati untuk memasuki Universitas Kehidupan. Kamu sendiri malah tidak masuk lewat pintu musik, sekarang malah nyonya-nyanyi terus….

DONI
Saya ingat Buyut Irodat dulu pernah dawuh bahwa setiap manusia akhirnya harus lulus menjadi Sarjana Kehidupan.

JIJIT
Belajarnya bebas lewat Fakultas atau Jurusan apa saja, tetapi Sinau Sejati yang ditempuh adalah untuk menjadi Sarjana Kehidupan.

BUYUT IRODAT
Jangan menyempitkan hidupmu dengan hanya berpikir fakultatif. Kosmos pengetahuan dan pengelolaan pikiran kalian harus Universal. Nah untuk itu, satu-satunya Jagat Pasinaon yang orisinal ciptaan Tuhan adalan Agama.

DONI
Mbok dijelaskan lebih gamblang, Buyut Irodat

BUYUT IRODAT
Kalau di komputer atau handphone, Agama itu OS atau IOS-nya. Operating Systemnya, Sistem yang memuat berbagai algoritma untuk menata kehidupan manusia, agar kompatibel dengan konsep Penciptanya.

DONI
Kang Jijit tidak paham OS-OS itu. Dia masih pakai mesin ketik kuno merknya Brother produksi tahun 1970-an.

JIJIT
Ojo dumeh Don. Ning kowe rak ora ngerti Algoritma kuwi opo, wong isamu ming nembang “One More Nite”.

DONI
Opo algoritma kuwi jajal….

JIJIT
Algoritma kuwi prinsip matematika, sebuah metode dalam berpikir dan bernalar. Dengan matematika, manusia dapat memutuskan suatu ide benar atau salah. Algoritma kuwi pelajaran tentang pola, jenis-jenis keteraturan dalam kelengkapan, baik dalam bentuk maupun ide. Dan pola itu bagian utama dalam perkembangan ilmu sains.

Algoritma kuwi asal-usule seko jenenge Bapak Matematika Segala Zaman yang bernama Al-Khowarizmi. Beliau hidup sezaman dengan pembangunan Borobudur. Beliau anggota Dewan Hikmah atau Baitul Hikmah di Bagdad dalam pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid.

Kok raimu plonga-plongo? Ora mudheng to….

BUYUT IRODAT
Dirungokke sik tho…. Kalau kepada Malaikat dan alam semesta, Allah mengaplikasikan aturannya secara langsung dan baku. Tetapi kepada Jin dan manusia Tuhan membuka ruang untuk custom, atau insiatif manusia, ijtihad manusia, kreativitas manusia — sepanjang dilangsungkan di jalan yang ujungnya diterima kembali oleh Tuhan. Itu Namanya Shirothol Mustaqim.

Adapun kalau manusia mengatur “custom” hidupnya tanpa hulu hilir “defaulta’Nya Tuhan, bermakna manusia menuhankan dirinya sendiri. Atau manusia meletakkan dirinya sebagai tuhannya kehidupan.

JIJIT
Lha Doni ngertinya bukan “custom” tapi “kostum”, yang di KiaiKanjeng diatur oleh beliau Sariyanto Ade Ray versi Ciut.

BUYUT IRODAT
Dan memang itulah wajah atau karakter utama peradaban ummat manusia terutama manusia modern sampai abad 21 sekarang ini.

Manusia berpandangan atas hidupnya seakan-akan kehidupan ini ciptaan mereka sendiri. Manusia mengatur kehidupannya seolah-olah merupakan hak mutlaknya.

ISLAMI
Nyuwun sewu Buyut Irodat. Luar biasa melimpah-limpah kawruh yang Buyut babarkan, sampai-sampai rasanya kepala kami tidak cukup menampungnya.

JIJIT
Nggih setuju, cekap nggih Yut. Mangke ndak mbledos sirahe Doni.

IMPROVISASI

IMAM
Mudah-mudahan hidup kita semua selalu dicukupi oleh Allah, ya kesejahteraannya, ya iman dan ilmunya.

Tapi saya ingatkan dulu fakta mengenai Undip ini.

JIJIT
Opo meneh kuwi Dik Imam

IMAM
Bahwa kondisi internal Undip sendiri juga sangat diperhatikan oleh Pak Rektor. Acara ini diharapkan turut memproses menumbuhkan rasa memiliki dan cinta terhadap Undip. Rektor berupaya memberikan kesejahteraan kepada para karyawan dan mahasiswa, termasuk dengan memberikan penghargaan kepada karyawan dan mahasiswa berprestasi.

BUYUT IRODAT
Sudah semestinya begitu. Orang Undip mencintai dan punya rasa memiliki terhadap Undip itu bukan prestasi. Itu lumrah. Civitas Akademika Undip yang berpretasi diberi penghargaan dll memang sudah sewajarnya begitu. Itu bukan kehebatan.

ISLAMI
Kalau tidak salah, Bahasa Islamnya, itu sunnah, bukan fadhilah.

IMAM
Mudah-mudah Pak Rektor dan seluruh warga Forum of Wisdom Undip ini dicukupi juga oleh Allah.

ISLAMI
Wakafa billahi Wakila….

IMAM
Dengan semangat Kolaborasi, Konektivitas, dan Kemandirian, Undip terus mengembangkan diri sebagai PTN Research University. Tahun 2022 ini, dalam kategori Sustainable Universities in the World, berdasarkan penilaian UI-Greenmetric World University Rankings, Undip meraih peringkat ke-29 di tingkat dunia, peringkat ke-2 di Indonesia, peringkat ke-3 di ASEAN, dan peringkat ke-4 di Asia. Selain itu, tahun 2022 ini Undip juga mendapatkan 5 penghargaan pada Anugerah Diktiristek 2022.

Mulai malam ini, dengan bekal kesadaran dan wawasan baru dari Jagat Pasinaonan ini, Undip akan lebih mengolah diri sehingga naik peringkatnya, naik derajat dan martabatnya.

ISLAMI
Wakafa billahi Ilaha
Wakafa billahi Robba
Wakafa billahi Waliyya
Wakafa billahi Wakila….

KIAIKANJENG MEMBUNYIKAN NOMOR “WAKAFA”….

END

Yogya 21 Desember 2022
Mbah Nun

Lainnya

Lautan Jilbab (2/3)

Lautan Jilbab (2/3)

Kreatifitas itu kan urusan manusia. Juga jilbab-jilbab itu. Kalau mereka kreatif, mereka bisa mencapai sorga. Kalau tidak, ya mampir neraka dulu. Sedangkan kita tak usah pusing: kita kan pengelola, kita kan panitia sorga dan neraka.

Perahu Retak (11/17)

Perahu Retak (11/17)

Sebelas

(Perhatian Tumenggung Cekal Birowo dan Karang Gumantung serta Warok Gagang Subendo dan Wongso Jolego terpusat kea rah datangnya suara tembang itu)

JOLEGO : Syech Jangkung!