Wisdom of Maiyah (202)

Selalu Ditemani Simbah

Tanpa kehadiran Mbah Nun dan Maiyah mungkin aku tidak jadi seperti sekarang. Maiyah menemaniku dari tahun 2013 dengan bermodal tayangan online dari Youtube. Setiap menjelang tidur atau saat waktu senggang aku menyimak dawuh Mbah Nun. Sering aku sampai tertidur ketika menonton tayangan online itu. Meski demikian aku dapat mengingat wejangan beliau karena masuk ke dalam pikiran.

Tanpa perantara Mbah Nun dan Maiyah entah akan jadi seperti apa hidupku. Aku diselamatkan dari keadaan yang sangat buruk dan nyaris membuat hidupku hancur. Mbah Nun dan Maiyah menemaniku seperti anak cucunya sendiri. Aku diantarkan memasuki samudera luas kehidupan. Setiap peristiwa apa pun mengantarkanku pada Allah dan Rasulullah.

Pesan yang selalu aku ingat adalah aku tidak boleh membenci siapa pun. Diriku sama sekali tidak penting. Dunia ini silakan utal-untalen dewe. Aku sendirian di awang-awang tidak masalah.

Engkau buang aku, engkau singkirkan aku, engkau letakkan aku di mana saja, aku terima. Apa pun yang terjadi dalam hidupku aku ridla kepada Allah.