CakNun.com

Mematangkan Persiapan Pentas Drama “Mlungsungi” di Pengajian Padhangmbulan

Kalau pada 3 April 2022, hari Ahad, teman-teman Omah Padhangmbulan berkumpul untuk rembukan awal persiapan pentas drama Mlungsungi di Pengajian Padhangmbulan, malam ini, Selasa, 12 April, keluarga ndalem kasepuhan Mentoro mengadakan pertemuan di Sentono Arum. Agendanya khusus membahas persiapan menjelang pementasan drama Mlungsungi.

Dok. Padhangmbulan

Hadir dalam pertemuan itu Mbah Mif, Cak Dil, Cak Nas, Cak Nang, Cak Yus, Pak Lurah Mentoro, Kepala Sekolah SMK Global dan teman-teman Omah Padhangmbulan. Keluarga ndalem Mentoro, diwakili Cak Farid sebagai pembawa acara, memandu jalannya koordinasi persiapan pentas drama Mlungsungi.

Pada kesempatan itu, selain menerima laporan terkini persiapan acara pada tanggal 16 April dari para koordinator lini, Cak Dil, Cak Nang, Cak Yus dan Cak Nas menyampaikan beberapa catatan dan panduan untuk jalannya koordinasi terutama pada hari pelaksanaan acara.

Cak Dil mengawalinya dengan cara pandang yang perlu dipahami bersama. “Pentas drama Mlungsungi di Pengajian Padhangmbulan bukan puncak, melainkan awal dari proses panjang setelah kita melewati keadaan yang boleh dikatakan tidak mudah. Untuk itu kita perlu menyiapkan stamina untuk menyambut kelahiran baru.”

Diamini oleh Cak Nang, beliau menekankan bahwa anugerah ini bahkan dapat kita baca dan rasakan dalam beberapa bulan terakhir. “Hasil dari pembacaan itu menyodorkan pertanyaan, Allah akan memberi tugas apa?” ungkap Cak Nang.

Penekanan cara pandang dan pemaknaan dari Cak Dil dan Cak Nang mengajak kita agar bersikap lebih terbuka dan jernih. Apa yang tengah kita siapkan untuk pementasan drama Mlungsungi di Pengajian Padhangmbulan bukan sekadar kerja biasa. Ini bisa berarti awal dari tugas-tugas selanjutnya di tengah proses mlungsungi yang menemukan momentumnya.

Dok. Padhangmbulan

Selanjutnya Cak Yus memandu para koordinator dalam mematangkan persiapan akhir. Koordinator keamanan, kelengkapan panggung, dokumentasi dan publikasi, hingga hitungan simulasi teknis yang lebih detail dibahas bersama. Termasuk mematangkan persiapan SMK Global sebagai tuan rumah selama dua hari bagi para pemain drama Mlungsungi.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita memuliakan para tamu. Baik Cak Dil, Cak Nang, Cak Nas dan Cak Yus mewanti-wanti agar teman-teman Omah Padhangmbulan sigap dan tulus melayani para tamu.

Pertemuan selama satu jam lebih ditutup dengan membaca shalawat yang dipandu oleh Mbak Yuli.

Lainnya

Berdoa dalam Gerak

Berdoa dalam Gerak

Kalau yang dimaksud berdoa adalah membaca kalimat “Allahumma” atau “Rabbana” atau “Innaa nas’aluka”, lalu yang di luar fakta tekstual itu tidak dinyatakan sebagai doa, kita perlu menata ulang perspektif berpikir.

Wali Raja Nusantara

Wali Raja Nusantara

Diperjelas oleh kehadiran sosok Maulana Iradat yang diperankan secara spektakuler oleh Pak Joko Kamto.