Wisdom of Maiyah (212)

Kembang Maiyah

Apa makna Maiyah bagi saya? Kalaulah boleh saya berandai-andai, Maiyah seolah-olah sudah menjadi jalan bagi saya untuk “sowan marang gusti”. Maiyah membuka mata saya untuk melihat dan bersentuhan langsung dengan Sang Pencipta.

Dari dalam sudut yang tak begitu mewah ini, saya masih ingat ketika ayahanda berpulang, tapi kesedihan itu berganti warna. Kesedihan yang dingin itu, berubah menjadi kehangatan yang mendekap diri. Semua bisa terjadi karena di Maiyah saya merasa bahwa saya dididik menjadi manusia yang lebih bersikap dewasa untuk memahami kesementaraan dan kefanaan dunia.

2 tahun pandemi tak membuat saya mengeluh atas keadaan yang saya hadapi. Menurut saya, manusia selalu punya perjalananya sendiri. Segala jenis ilmu saya dapat dari Maiyah mulai dari Riemann paradox hingga sinau ridha.

Bagi saya sendiri, Maiyah itu kembang (bunga) yang harus tumbuh sebagaimana fitrahnya yang terus berjalan menumbuhkan fraksi-fraksi serta stanza baru bagi indonesia. Dalam biologi, bunga memiliki peran yang unik.