Wisdom of Maiyah (86)

“Jare Rohman Rohim”

Maiyah bagi saya pribadi adalah salah satu konsep cara menjalani hidup ber-agama secara gampang. Mbah Nun dalam setiap Sinau Bareng menjelaskan sesuatu dengan mudah dicerna atau dipahami oleh setiap kalangan.

Pernah satu ketika Mbah Nun cerita seorang nelayan Madura yang mulai dari pagi hingga siang tidak mendapatkan hasil tangkapan ikan, hingga nelayan tersebut bertanya menengadah ke langit dengan berkata “Jare Rohman Rohim” (katanya Rahman Rahim) masak gak dapat ikan sama sekali dan seterusnya.

Ada sedikit pengalaman pribadi dari cerita nelayan Madura yang pernah Mbah Nun ceritakan di acara Sinau Bareng.

Ada salah satu kejadian yang pernah saya alami sewaktu berdagang roti bakar. Pada waktu itu saya berjualan mulai dari sore hingga jam 9 malam belum ada yang laku.

Lalu terbesit pikiran melakukan hal yang sama seperti dilakukan nelayan Madura.

Lalu saya coba berdiri di depan rombong roti bakar saya, kemudian berkata ke langit “Jare Rohman rohim masak gak ada yang laku roti bakar saya”.

Kemudian saya coba berdiam sebentar, selang waktu beberapa saat tiba-tiba datang pembeli satu, pembeli kedua hingga alhamdulilah roti saya habis sebelum tengah malam.

Itulah salah satu ilmu yang diberikan Mbah Nun yang pernah saya coba dalam kehidupan pribadi saya. Saya menamakan Ilmu rohman rohim sebagai doa penglaris dagangan di saat sepi.

Wallahua’lam Bishshawab.

Lainnya