CakNun.com

Tiap Zaman Punya Karakteristik New Normal

Kalau kita berkaca kepada zaman yang sudah lalu-lalu, keadaan new normal ini sudah biasa kita lewati. Yang membuat kita mau tidak mau harus melakukan new normal, selain pandemi, juga katastrofi. Yang terakhir ini contohnya banyak. Tidak harus bencana alam. Perang besar pun juga bisa.

Bedanya apa dengan sekarang? Kalau dulu perubahan menuju new normal itu gradasional, kalau sekarang berlangsung radikal. Kalau dulu penyesuaian atas new normal itu tidak terasa. lau sekarang drastis sehingga membuat seluruh masyarakat dunia shock. Yang harus dilakukan selama new normal adalah mencari akar masalah dan mencari solusinya secara holistik. Walaupun setelah mendapatkan solusi, tidak menutup kemungkinan akan muncul masalah baru. Polanya selalu sinambung begitu.

Lainnya

Berjalan Menuju Muslim “Substantif”

Berjalan Menuju Muslim “Substantif”

Orang yang beragam Islam disebut muslim. Sebutan muslim atau orang Islam bisa jadi hanya bersifat “administratif”, dalam arti tercatat dan kemudian dikenal oleh masyarakat sebagai muslim atau orang Islam, padahal dia belum mengenal substansi atau hakikat Islam.

Syirik

Syirik
Puisi Sebagai Sarana Pencerahan

Puisi Sebagai Sarana Pencerahan

Puisi sebagai sebuah teks, memang berada dalam ranah bahasa. Namun, jika ditelisik dari nilai ...