CakNun.com

Pengamalan Isi Al-Qur’an Sebagai Orientasi Tadabbur

Tadabbur Al-Qur’an bermacam-macam level atau tingkatannya, dari level awam sampai dengan level penafsiran. Kitab-kitab tafsir Al-Qur’an adalah produk dari tadabbur.

Untuk dapat melakukan tadabbur level penafsir Al-Qur’an harus dipenuhi syarat-syarat yang tidak mudah. Yang kita bicarakan di sini adalah tadabbur level awam.

Untuk level penafsir Al-Qur’an, Syaikh Muhammad Abduh mensyaratkan penguasaan bahasa dan sastra Arab, pemahaman ilmu tentang manusia (humaniora), ilmu sosial, ilmu alamiah, sejarah Islam dan sejarah bangsa Arab pra-Islam.

Sedangkan untuk tadabbur awam, cukup dengan pemahaman global disertai perenungan untuk menyerap kemahabesaran Allah, dan pada gilirannya memperkuat keimanan, mendorong kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan.

Ujung dari tadabbur adalah mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

Lainnya

Kesadaran dan Perubahan Perilaku

Kesadaran dan Perubahan Perilaku

Kesadaran mengubah perilaku manusianya. Manusia berperilaku berdasarkan tingkat kesadaran yang dia miliki. Perilaku manusia ...

Aktivitas Ilahi

Aktivitas Ilahi

Jika ilmu adalah salah satu cara Tuhan mencahayai wujud-wujud potensial menjadi wujud aktual, maka cukup jelas bahwa pada ‘kotoran’ yang merupakan hasil proses kimiawi dari pencernaan ada aktivitas ilahi.