CakNun.com

Output Takwa

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Takwa secara etimologis berasal dari kata waqa-yaqi yang artinya menjaga atau melindungi diri atau orang lain dari sesuatu yang ditakuti atau yang membahayakan. Secara terminologis takwa artinya bersikap hati-hati atau menjaga diri dari apa yang dia takutkan dari Allah yaitu kemurkaan dan adzab-Nya.

Takwa adalah sikap batin. Nabi Saw menyebutnya ha huna (ada di sini) sambil menunjuk dada beliau. Output dari takwa itu adalah perilaku, yang intinya melakukan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah Swt.

Berhati-hati dan menjaga diri dari bahaya tidak berarti bersikap pasif. Menjauhkan diri dari pergaulan sosial untuk menghindarian diri dari dosa bukanlah ketakwaan. Orang yang bertakwa harus bersikap aktif karena orang beriman mempunyai tugas dan kewajiban sosial yang harus dijalankannya.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Komat-Kamit

Komat-Kamit

Manusia tidak akan memperoleh apapun kecuali dengan usaha dan kerja keras, yang tiada lain didasarkan pada semangat juang yang berasal dari kekuatan spiritual.

Muhammad Nursamad Kamba
M.N. Kamba