Multiversitas


Pasangan hidup itu berjodoh. Rumah yang engkau tinggali itu berjodoh. Jalan rezeki yang engkau anut itu berjodoh. Pun begitu dengan ilmu yang engkau enyam, itu juga berjodoh. Terhadap apa-apa saja yang antara engkau dan padanya memiliki bonding, terdapat keterhubungan, itu berjodoh.

Puncak intelektualitas ilmu adalah ketika engkau bisa mentransformasi sebuah hipotesis atas pengamatan dan pengalamanmu menjadi sebuah tesis. Akan tetapi, intelektualitas bukanlah satu-satunya puncak dari pengupayaanmu atas ilmu. Ilmu diupayakan dengan tidak berhenti pada pemenuhi capaian diri, tetapi dengan mengitung betul-betul eksplorasimu itu dengan pengaruhnya terhadap cuaca sosial yang aktual. Eksplorasi yang ditempuh tak hanya secara fakultatif, tetapi universal bahkan multiversal.

Di Maiyah engkau mengupayakan ilmu dengan memilih bidang, cekungan, lekukan serta kedalaman mana saja yang engkau sukai. Mengerjakan mengiris lapis-lapis ilmu itu dengan segenap daya kognisi, afeksi dan konasi yang modalitas satu dengan lain orang berbeda. Dan memuncakinya dengan merawat bonding keterhubungan dengan sang ilmu terus-menerus sepanjang waktu dengan begitu ragam pilihan penempuhan cara.

Bersama-sama kita akan melingkar di Juguran Syafaat edisi Agustus 2020 Live di Youtube Channel: Juguran Syafaat.

Buku dan Merchandise