CakNun.com

Mengembangkan Rasa Malu

Hendaklah kita mengembangkan rasa malu dalam diri kita. Malu kepada Allah ketika terbersit di dalam hati keinginan berbuat dosa apalagi melakukannya. Malu kepada sesama manusia ketika melakukan sesuatu yang tidak pantas menurut nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat.

Malu kepada diri sendiri ketika melakukan sesuatu yang bertentangan dan dicela oleh hati nurani. Malu ketika tidak menjalankan tugas dengan baik padahal sudah dibayar mahal. Malu ketika tidak berkarya ilmiah padahal sudah memajang gelar-gelar akademik di depan dan di belakang namanya. Malu ketika membuat karya ilmiah asal-asalan sekadar memenuhi formalitas, sehingga tidak jelas kontribusinya terhadap pengembangan ilmu dan pencerdasan kehidupan masyarakat, padahal sudah didanai besar-besaran oleh negara dengan uang rakyat.

Malu ketika masih berpikir dan bertindak menguntungkan diri sendiri ketika memegang jabatan atau kekuasaan, padahal sudah digaji besar oleh negara.

Lainnya

Vokal vs Kritis

Vokal vs Kritis

Vokal atau huruf hidup (dalam fonetik) adalah suara di dalam bahasa lisan yang dicirikhaskan dengan pita suara yang terbuka sehingga tidak ada tekanan udara yang terkumpul di atas glotis.

Fana

Fana
Ekspresi Tuhan

Ekspresi Tuhan

Tuhan tidak dikenali atas usaha dan jerih payah manusia. Tuhan hanya bisa dikenali, bahkan dirasakan kehadiran-Nya, saat Dia mengekspresikan atau mengungkapkan diri-Nya.