Meneliti Ayat Alam Semesta dan Ayat Diri Manusia

Sering terdengar pernyataan di lingkungan umat Islam bahwa Al-Qur’an adalah sumber segala ilmu. Pernyataan ini memang benar. Akan tetapi, anggapan bahwa untuk menguasai ilmu pengetahuan cukuplah dengan membaca Al-Qur’an saja adalah anggapan yang keliru. Al-Qur’an memang memberikan petunjuk tentang tujuan hidup manusia, tentang hubungannya dengan Tuhan Al-Khaliq, dengan sesama manusia, dan dengan alam lingkungannya.

Al-Qur’an juga menyebutkan tentang kejadian alam semesta dan berbagai proses alamiah lainnya. Tapi, Al-Qur’an bukan kitab pelajaran fisika atau biologi, bahkan bukan pula buku pelajaran salat atau fiqh. Al-Qur’an dalam banyak hal hanyalah memberikan petunjuk yang bersifat umum atau garis besar, sedangkan rinciannya harus dicari di dalam As-Sunnah sepanjang itu mengenai ibadah, atau diteliti di alam semesta dan dalam diri manusia sepanjang itu menyangkut ilmu pengetahuan.

Dengan kata lain, untuk dapat memahami berbagai perspektif dari ayat-ayat Allah Swt dalam Al-Qur’an harus pula dipahami ayat-ayat Allah Swt di alam semesta dan ayat-ayat Allah di dalam diri manusia sendiri.

Buku dan Merchandise