Mbah Nun Ta’ziyah Meninggalnya Gus Sholah

Avatar

Begitu mendengar kabar duka meninggalnya Gus Sholah, Mbah Nun yang sedang berada di Jakarta tadi malam (Minggu, 2/2/02) langsung ta’ziyah di rumah duka atau kediaman Gus Sholah di Jalan Bangka Mampang Prapatan Jakarta. Sebagaimana diberitakan, Gus Sholah dipanggil Allah setelah sebelumnya sakit dan dirawat di RS Harapan Kita Jakarta.

Gus Sholah atau KH. Sholahuddin Wahid adalah pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang sekaligus cucu KH Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama, putra KH. Wahid Hasyim, dan adik KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pertemuan terakhir Mbah Nun dan Gus Sholah adalah saat Sinau Bareng di Pesantren Tebuireng yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka. Sebelum acara, Mbah Nun diminta bertemu Gus Sholah di Ndalem Pondok. Saat itu Gus Sholah tidak bisa turut hadir di Sinau Bareng dikarenakan kondisi kesehatannya yang belum memungkinkan.

Dua tahun sebelumnya, Gus Sholah juga pernah hadir bersama Mbah Nun dalam Sinau Bareng yang diselenggarakan oleh Petrokimia Gresik bertempat di GOR Tri Dharma Petrokimia pada 22 Desember 2017.

Pada waktu Gus Dur meninggal dunia, pada 30 Desember 2009, dan dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Mbah Nun dan KiaiKanjeng juga diminta hadir dalam acara doa bersama tujuh hari wafatnya Gus Dur pada Januari awal 2010 bersama tokoh-tokoh yang lain. (hm)

Buku dan Merchandise