Warisan DNA

Mukaddimah Majelis Ilmu Juguran Syafaat, Purwokerto, Sabtu 14 Desember 2019

Seringkali manusia mengeluh atas perubahan keadaan yang terjadi di luar dirinya, tanpa meresapi bahwa ada andil dirinya di dalam terjadinya perubahan itu. Manusia yang hakikinya subjek kerap merasa sekadar objek. Manusia yang hakikinya decision maker (penentu keputusan) acap merasa mikro di hadapan semesta yang terlihat sebagai makro.

Rentang jarak antara sebab dan akibat selalu menjadi ruang misterius. Tetap tidak sepenuhnya terpecahkan, meskipun sudah didekati dari berbagai pintu keilmuan. Hanya waktu saja yang nantinya akan membuktikan, apakah budaya baru yang nanti akan tercipta adalah warisan dari perilaku bijak dan keputusan sungguh-sungguh masing-masing kita, atau hal itu terjadi sekadar buah dari rentetan kebetulan-kebetulan yang tidak berpola.

Ya, masing-masing kita mempunyai potensi andil. Iya pula, setiap upaya diri untuk andil belum tentu beroleh hasil berupa perubahan seperti yang kita ingini. Sekurang-kurangnya sebuah upaya dikerjakan dengan sungguh-sungguh tetapi kemudian tidak beroleh hasil, setidaknya kita sudah berinvestasi untuk dapat mewariskan DNA berisi informasi yang lebih lengkap mengenai rumus-rumus perubahan.

Lainnya

Mengalami Masa Depan

Pembawa Cuaca

Sambetan

Hakikat Syukur

Sukarela dan Sungguh-Sungguh

Krisis Kejutan

Buku dan Merchandise