Petarung

Gladiator (bahasa Latin: gladiator, “ahli pedang”, dari kata gladius, “pedang”) adalah petarung bersenjata yang melakukan pertarungan untuk menghibur para penonton di Republik Romawi dan Kekaisaran Romawi. Mereka bertarung melawan sesama gladiator, binatang buas dan narapidana. Beberapa gladiator merupakan sukarelawan yang mempertaruhkan kehidupan sosial dan nyawa mereka di arena. Sementara sebagian besar gladiator direndahkan sebagai budak, dididik secara keras, terpinggirkan secara sosial, dan dipisahkan bahkan setelah mati.

Terlepas dari asal-usul mereka, gladiator memberikan contoh etika pertarungan Romawi kepada para penonton, dan, ketika bertarung ataupun ketika mati, mereka dapat menimbulkan kekaguman dan pujian. Mereka digambarkan dalam seni kelas atas maupun kelas bawah, dan nilai mereka sebagai penghibur dikenang dalam objek-objek berharga dan biasa di penjuru dunia Romawi.

Pertarungan memiliki Empat arti. Pertarungan berasal dari kata dasar tarung. Pertarungan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pertarungan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pertarungan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Jadi pertarungan macam apa besok tanggal 17 April, kedua CAPRES? Apakah cocok dan pantas dikasih label petarung?

Buku Cak Nun