Ngaji Areng-Sareng Kepengasuhan Peradaban

(Liputan Ngaji Areng-Sareng Cak Nun dan KiaiKanjeng, Camplong, Sampang, Madura, 27 Agustus 2019)

Senja membentang di Sampang. Lokasi Sinau Bareng yang sedianya akan digelar pada malam hari ini, Selasa tanggal 27 Agustus 2019M. Yayasan Mahkuto Romo yang berinisiatif menggelar Sinau Bareng kali ini. Dan frasa Sinau Bareng memang bisa disesuaikan dengan bahasa yang lebih ramah dengan kuping lokal. Seperti background panggung kali ini tercantum tulisan “Ngaji Areng Sareng Cak Nun dan KiaiKanjeng”. Tampaknya bagi pembaca yang tidak berbahasa Sampang atau Madura pun, kalimat itu akan dengan segera tertangkap kesamaan bunyi dengan “Ngaji Bareng” yang lebih beraroma Jawa.

Langit menguning dan matahari mulai tenggelam di balik panggung, KiaiKanjeng bermahkota dengan nada-nada. Checksound sedang berlangsung, melanjutkan pelayanan di titik pusat bumi ini, karena semua titik di bumi adalah pusat dan semua budaya dunia sama istimewa.

Malam ini akan jadi titik ke 4097 perjalanan tanpa henti. Tanah lapang sedikit berundak, meninggi. Sedikit melayangkan pandang, laut bisa tampak dari lokasi ini. Bocah-bocah bermain bebas, berlarian, orang-orang tua mereka membimbing dari jarak tertentu. Kepengasuhan peradaban sedang berjalan dan terus akan berjalan.

Lainnya