Jihad Membangun SDM

Siapakah yang dimaksud dengan orang mukmin itu? Dalam QS Al-Hujurat ayat 15 Allah berfirnan, yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang beriman yang disebut sebagai mukmin itu hanyalah orang-orang yang percaya atau beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Kemudian mereka tidak ragu-ragu. Dan mereka siap untuk berjihad dengan harta mereka dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya benar).”

Berjihad dengan jiwa itu penjelasannya di sini adalah dengan tenaga, pikiran, kemampuan, keterampilan, waktu, dan semua hal-hal yang bisa digunakan untuk berjihad. Syaratnya adalah jihadnya fii sabilillah, di jalan Allah.

Setiap orang punya tenaga. Tenaga bisa digunakan untuk berjihad. Anda mengurus suatu kebaikan, itu jihad. Kebaikan itu tidak mesti dengan masjid, tidak mesti berkaitan dengan hal-hal yang berbau agama, tapi untuk kepentingan manusia secara umum. Anda membangun jalan, membangun masjid, menyediakan tempat untuk belajar, itu jihad. Jihad masa kini yang aktual itu adalah jihad membangun sumber daya manusia.

Buku dan Merchandise