Checksound Bersama Bu Anne

Rasanya seperti ada di adegan pembuka Pulp Fiction, film monumental karya Quentin Tarantino. Rasanya begitu kalau pembaca yang budiman berada di lokasi Sinau Bareng pada malam hari ini di Balai Padukuhan Dero, Condongcatur, Depok, Sleman. Terutama ketika selesai shalat maghrib, kisaran sekitar pukul 18.40 WIB ada lantunan nada yang sangat akrab bagi penggemar film-film karya Tarantino yang selalu melatih otak dan penuh darah.

Nada “missirlou” ini yang dilantunkan, walau tentu beda dengan yang beredar di film atau versi pop-culture lainnya. Kali ini nada tersebut tidak untuk menggambarkan adegan berdarah-darah tapi justru untuk menguatkan aroma kemesraan. Ini juga adalah salah satu nomor yang ditawarkan oleh Bu Anne pada latihan bersama KiaiKanjeng kemarin di Pendopo Rumah Maiyah.

Bu Anne tampak memainkan alat musik gambus beliau, berada di tengah jajaran KiaiKanjeng dan semuanya larut dalam keindahan nada yang sungguh khusyuk. Malam ini beliau siap untuk terlibat aktif dalam relasi cinta dan kemesraan di Sinau Bareng.

Hampir setahun lalu Sinau Bareng juga pernah digelar di tempat ini dengan posisi panggung yang berbeda. Waktu itu kita kedatangan tamu dari teman-teman Sheila on 7. Tentu pembaca yang budiman masih ingat. Kalau sedikit lupa mungkin bisa cek lagi di reportase-reportase lalu atau video yang di-upload tim caknun.com di YouTube.

Warga dusun tampak antusias, parkir ditatata lebih teliti mengingat kondisi dusun yang berlorong-lorong di tengah kota. Mahasiswa-mahasiswi berjas biru-biru UII tampak wira-wiri menyempurnakan persiapan acara. Malam akan penuh dengan nada-nada cinta. (MZ Fadil)

Buku Cak Nun