CakNun.com

Cermin Tuhan

Hampir dipastikan tanpa mengenali diri, mustahil mengenali Tuhan. Ketika para malaikat rada protes atas penciptaan manusia, mereka mengkhawatirkan manusia akan menjadi penyebab kerusakan bumi dan sumber pertumpahan darah. Pada kenyataannya, demikianlah adanya. Tuhan bermanifestasi dalam jiwa manusia sebagai cermin yang merefleksikan Tuhan dan makhluk-Nya.

Ketika seseorang memandang cermin, yang terlihat bukanlah cermin, melainkan sosok dirinya sendiri sebagaimana apa adanya. Dalam konteks ini jelas bahwa ketika dirimu berbuat baik kepada sesama sesungguhnya berbuat baik kepada diri sendiri. Sebaliknya saat dirimu jahat kepada sesama maka sesungguhnya jahat kepada dirimu sendiri.

Lainnya

Jalur Keimanan

Jalur Keimanan

Kata al-Mu’minun pada QS. Al-Baqarah ayat 4 dan QS. Al-Baqarah ayat 285 diletakkan di belakang, yang dalam susunan biasanys diletakkan setelah kata ar-rasul.

Syirik Munafik Rasa Islam

Syirik Munafik Rasa Islam

Yang dulu dihadapi oleh Kanjeng Nabi Muhammad Saw adalah suatu tipe kasus peradaban di mana manusia dan masyarakat melakukan kedholiman karena berbagai jenis kebodohan.