Menjaga Benih-benih Simpul Maiyah

Dalam sebuah perhelatan, selalu ada orang-orang yang bekerja dengan gigih dan semangat tinggi di belakang layar. Tidak terkecuali dengan Maiyahan rutin yang terselenggara setiap bulannya di setiap Simpul dan Lingkar Maiyah. Forum-forum yang tumbuh dan rutin di berbagai daerah, mustahil terlaksana tanpa adanya komitmen penuh mereka yang giat bekerja mempersiapkan segala sesuatunya di belakang layar. Baik teknis maupun non teknis.

Ahad (25/3) kemarin, Koordinator Simpul Maiyah baru saja melaksanakan Workshop Penggiat Simpul Maiyah Region 4. Penggiat Simpul dan Lingkar Maiyah yang secara letak geografis berada di wilayah Jawa Timur dan Bali berkumpul di Sukodono, Sidoarjo. Bukan sekadar untuk bertemu dan menjalin silaturrahmi, tetapi juga untuk bertukar wawasan tentang situasi dan kondisi di msaing-masing Simpul dan Lingkar Maiyah.

Tumbuhnya Simpul dan Lingkar Maiyah di berbagai daerah, tentu saja lahir dengan otentitas serta keunikan ragamnya masing-masing. Di sinilah masing-masing Penggiat Simpul dan Lingkar Maiyah saling belajar, melengkapi satu sama lain, bertukar pikiran, sharing pengetahuan.

Sebanyak 40 orang, penggiat dari 20 Simpul dan Lingkar Maiyah yang terdata di wilayah Jawa Timur dan Bali hadir dalam Workshop yang berisikan materi-materi dasar pengelolaan forum Maiyahan. Bagaimana mempersiapkan forum, hal-hal teknis maupun non teknis yang diperlukan, dipaparkan oleh Koordinator Simpul Maiyah. Seluruh peserta mengikuti sesi demi sesi Workshop dengan tertib, membuktikan bahwa Penggiat Simpul Maiyah ternyata juga bisa berlaku tertib dalam Workshop, tidak hanya soal cangkrukan dan ngopi-ngopi sambil rokokan di warung kopi saja.

Sabrang MDP bersama Rizky Dwi Rahmawan, Fahmi Agustian dan Hari Widodo sebagai Koordinator Simpul Maiyah hadir dan bergantian memberikan materi-materi Workshop. Simpul Maiyah Bangbang Wetan sebagai tuan rumah pelaksana Workshop pun mempersiapkan diri dengan baik. Dibantu teman-teman penggiat Simpul Maiyah Paseban Majapahit dan Damar Kedhaton, juga beberapa Jamaah Maiyah yang berdomisili di Sukodono bersinergi bersama menyambut dan melayani para peserta Workshop Penggiat Simpul Maiyah.

Agenda yang dimulai sejak pagi hari tidak hanya membahas bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan oleh Penggiat Simpul Maiyah dalam melaksanakan Forum maiyahan rutin bulanan mereka, tetapi juga bertukar pikiran, berdiskusi dan sharingpengalaman satu sama lain. Juga menyampaikan kendala-kendala yang mereka hadapi untuk kemudian bersama-sama mencari solusinya. Kegembiraan mereka dalam mengurusi “dapur” forum Maiyahan di Simpul Maiyah ditunjukkan dengan keseriusan mereka mengikuti Workshop ini hingga akhir acara.

Workshop Penggiat Simpul Maiyah ini juga akan dilaksanakan di Region lain, di wilayah Jawa Tengah, Jabodetabek juga luar jawa pada bulan-bulan selanjutnya dengan jadwal yang sudah diagendakan. Harapannya, setiap Penggiat Simpul dan Lingkar Maiyah akan lebih rapi lagi dalam bergerak, dan semuanya juga saling belajar bahwa Maiyahan rutin bukan hanya sekadar duduk, datang, mendengarkan paparan narasumber. Namun juga belajar bagaimana seharusnya mengelola sebuah forum Maiyahan.