Sinau Bareng pada Konferensi Keuangan Islam

Para peserta Konferensi Keuangan Islam Tahunan Ke-2 menikmati persembahan KiaiKanjeng.
Para peserta Konferensi Keuangan Islam Tahunan Ke-2 menikmati persembahan KiaiKanjeng.

Selama dua hari ini, 23-24 Agustus 2017, berlangsung Konferensi Keuangan Islam Tahunan Ke-2 yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI bertempat di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta.

Entah bagaimana ceritanya, penyelenggara mengundang Cak Nun dan KiaiKanjeng untuk hadir dalam rangkaian konferensi tersebut untuk “menyapa” para peserta. Cak Nun sendiri sejauh ini selalu bercerita bahwa beliau nggak paham sama sekali tentang ekonomi. Bahkan dengan melihat praktik sehari-hari, dalam obrolan dengan Pak Basuki Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan sebelum acara dimulai, Cak Nun melontarkan pertanyaan mencari tahu, “Jadi sebenarnya ekonomi itu intinya ada pada uangnya atau akhlak manusianya?”

Karena dunia yang sangat berjauhan itu, Cak Nun justru mengedepankan nomor-nomor musik KiaiKanjeng sebagai contoh agar secara nilai dan ide para peserta dapat mendapatkan perluasan wawasan. Bahwa bekerja di manapun, mereka harus kreatif dan inovatif secara pribadi maupun kelembagaan.

Dan pada setiap mengantarkan atau peralihan pada lagu selanjutnya, Cak Nun menemukan kebutuhan untuk menyampaikan secara ringkas muatan-muatan keilmuan. Tentang muara ilmu haruslah kebijaksanaan, keadilan sosial sebagai goal Pancasila, manusia sebagai saudara ke-4 pada urutan evolusi kesadaran dan peradaban. Sesekali ada sisipan yang menyentuh ke ekonomi Islam. “Sebenarnya keuangan Islam itu sederhana saja, yaitu bekerja seperti hukum alam,” kata Cak Nun.

Cukup banyak lagu dihadirkan KiaiKanjeng malam ini. Di antaranya One More Night Maroon Five, Medlei Yogyakarta, gubahan lagu Bi Ki Dude Fatima Baraka dari Tanzania untuk menghormati peserta dari Nigeria, Qasidah Nassam Alayna, Sebelum Cahaya kolaborasi Doni dengan salah seorang peserta, Wild World-nya Cats Steven untuk menghormati tamu dari London, dan nomor-nomor lain. Semua peserta di Pendopo Hotel Royal Ambarukmo menikmati persembahan KiaiKanjeng. Bahkan terlihat banyak security dan karyawan hotel yang turut menyaksikan karena penasaran dan tak ingin melewatkan kesempatan ini.

search cart twitter facebook gplus whatsapp youtube image