Permintaan Pak Tyasno Kepada Cak Nun

Tolong Cak, kembalikan bangsa kita ini kepada kepribadian sejatinya.
Tolong Cak, kembalikan bangsa kita ini kepada kepribadian sejatinya.

Jenderal Tyasno kebetulan sedang berada di Yogyakarta. Karena melihat Cak Nun akan beracara di Komplek Korem ini, beliau memutuskan menunda kepulangan ke Jakarta supaya bisa bertemu dan ngaji bersama masyarakat kepada Cak Nun.

Ada yang menarik tatkala Pak Tyasno berbicara kepada hadirin. Selain sudah bertahun-tahun tak berjumpa Cak Nun, Pak Tyasno mengatakan bahwa beliau dan TNI selama ini dapat menjalankan tugas berat dengan baik salah satunya karena mendapatkan isian terus dari Cak Nun. “Sehingga hati nurani kami ini kuat,” tutur beliau.

Penuturan Pak Tyasno ini rasanya memang klop dengan banyak kisah yang pernah disampaikan sendiri oleh Cak Nun mengenai kedekatannya dengan tentara, mulai dari bawah hingga elitnya. Kedekatan yang lebih melihat prajurit TNI dalam perspektif manusia atau kemanusiaan, serta TNI sebagai salah satu komponen penting dari Pilar Bangsa dan Negara Indonesia ini.

Kemudian sesudah mengemukakan keprihatinannya atas situasi bangsa saat ini, Pak Tyasno menyampaikan harapannya kepada Cak Nun, “Tolong Cak, kembalikan bangsa kita ini kepada kepribadian sejatinya, kembalikan bangsa kita ini kepada cita-cita kemerdekaan, kembalikan bangsa kita untuk bersyukur atas kemerdekaan, serta agar bangsa kita tidak meninggalkan petunjuk dari Tuhan.”

search cart twitter facebook gplus whatsapp youtube image