CakNun.com

Padhangmbulan Dalami Binatang Dalam al-Quran

Padhangmbulan kembali digelar malam ini. Wajah-wajah cerah penuh semangat merindukan nikmat dan gembiranya menimba ilmu serta murninya kebersamaan.

Cahaya terang jiwa memancar dari anak-anak muda yang memenuhi pelataran Pondok Padhangmbulan Mentoro Sumobito Jombang. Mereka sungguh-sungguh bersemangat dalam kegembiraan yang “aneh” dan rutin untuk menimba ilmu. Malam ini Majelis Ilmu Padhangmbulan mengambil tema “Binatang-Binatang di dalam Al-Qur’an: Posisi dan Fungsinya.

Semua yang ditata Allah adalah itu adalah organisme. Itu termasuk alam dan semesta hidupnya binatang. Manusia yang bertugas sebagai khalifah tak punya cara lain dalam mengorganisasi diri dan kehidupannya kecuali meniru organisme Allah tersebut. Banyak sekali yang dapat diilhami (sebagai pelajaran) dari perilaku dan organisme binatang. Hukum rimba tak buruk. Yang salah adalah meniru hukum rimba secara keliru. Sesudah meniru dan mempelajari organisme dari Allah, selebihnya pekerjaan manusia adalah maintenance dan spiritualitas.

Lokasi: Menturo, Sumobito, Jombang - 08 Agustus 2017

Lainnya

Amar Maiyah di Surabaya

Amar Maiyah di Surabaya

Masyarakat Maiyah di Surabaya berhimpun di Masjid As-Sakinah Surabaya hari Kamis 25 April 2019, ...

Ikut Bahagia Pak Tanto Mantu

Ikut Bahagia Pak Tanto Mantu

Sepulang dari Kaltara, siang tadi ditemani Yai Tohar, Mbah Nun menghadiri undangan Pak Tanto ...