Belajar Kepada Organisme Alam

Pak Rahmat Zulkarnaen, seorang bule kelahiran Jerman dan pemberdaya pertanian organik, berbagi ilmu dan pengalaman dengan Jamaah Maiyah.
Pak Rahmat Zulkarnaen, seorang bule kelahiran Jerman dan pemberdaya pertanian organik, berbagi ilmu dan pengalaman dengan Jamaah Maiyah.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh mayoritas anak muda, Padhangmbulan terasa istimewa atas kehadiran Pak Rachmat Zulkarnaen, pemberdaya petani. Untuk kali pertama ia datang ke Padhangmbulan. Ia seorang bule Jerman yang sudah 30 tahun lebih tinggal dan menjadi warga negara Indonesia dan fasih berbahasa Jawa Timuran. Tema organisme alam dan hewan yang diangkat di Padhangmbulan ternyata tidak sesepele yang diperhitungkan.

Selain karena Padhangmbulan dan Maiyah adalah organisme yang tidak sepenuhnya bisa dipahami oleh terminologi bisnis EO maupun politik kekuasaan, jamaah diajak untuk teliti dan niteni mekanisme kerja organisme alam dan hewan agar berendah hati sebagai khalifah di lingkungan masing-masing.

Organisme yang telah ditata Allah harus dipelajari oleh manusia untuk menciptakan organisasi sesuai kebutuhan hidupnya dengan bercermin pada sistem kemasyarakatan dunia hewan.

Juga ditegaskan oleh Cak Nun bahwa Maiyah tidak akan merebut siapa siapa. Maiyah bukan wadah, tempat atau organisasi. “Kita berkumpul di Maiyah untuk silaturahim dan paseduluran — ikatan persaudaraan yang murni dan suci,” ungkap Cak Nun.

search cart twitter facebook gplus whatsapp youtube image